Selasa, 05 Juni 2012

SURVEY MENGENAI INTELIGENSI ^^

PENDAHULUAN 


Pada tanggal 28 Mei 2012 tepatnya hari Senin saya membuat survey melalui internet yang bertema Inteligensi. Dalam survey saya dijelaskan apa-apa saja yang mempengaruhi inteligensi dan Inteligensi mempengaruhi apa saja. Survey saya terdiri dari 65 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Psikologi USU yang mengikuti mata kuliah PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Survey saya ini terdiri komponen-komponen pertanyaan yang terdiri dari   Nama, NIM, umur, jenis kelamin dan 7 pertanyaan survey yaitu

  1. Pola asuh mempengaruhi perkembangan inteligensi anak
  2. untuk mengembangkan inteligensi pada anak, anak harus mengikuti pelatihan-pelatihan khusus
  3. inteligensi yang tinggi berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang di masa depan
  4. tinggi, rendahnya inteligensi mempengaruhi pembentukan tingkah laku seseorang
  5. ada perbedaan etnis dalam inteligensi
  6. tinggi, rendahnya inteligensi mempengaruhi kepercayaan diri seseorang
  7. nutrisi mempengaruhi perkembangan inteligensi

HASIL SURVEY


Pola asuh mempengaruhi perkembangan inteligensi anak
 Setuju  60 
 92.31% 
 Netral  2 
 3.08% 
 Tidak Setuju  3 
 4.62% 


 untuk mengembangkan inteligensi pada anak, anak harus mengikuti pelatihan-pelatihan khusus
 Setuju  31 
 46.97% 
 Netral  31 
 46.97% 
 Tidak Setuju  4 
 6.06%


Inteligensi yang tinggi berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang di masa depan
 Setuju  24 
 35.82% 
 Netral  23 
 34.33% 
 Tidak Setuju  20 
 29.85% 


Tinggi, rendahnya inteligensi mempengaruhi pembentukan tingkah laku seseorang
 Setuju  42 
 63.64% 
 Netral  22 
 33.33% 
 Tidak Setuju  2 
 3.03%


Ada perbedaan etnis dalam inteligensi
 Setuju  16 
 24.62% 
 Netral  24 
 36.92% 
 Tidak Setuju  25 
 38.46% 


Tinggi, rendahnya inteligensi mempengaruhi kepercayaan diri seseorang
 Setuju  40 
 60.61% 
 Netral  22 
 33.33% 
 Tidak Setuju  4 
 6.06% 



Nutrisi Mmpengaruhi perkembangan inteligensi
 Setuju  43 
 66.15% 
 Netral  20 
 30.77% 
 Tidak Setuju  2 
 3.08% 


LAPORAN

Dari hasil survey saya, bahwa pola asuh mempengaruhi perkembangan inteligensi pada anak. Tidak hanya warisan biologis saja yang berperan penting terhadap perkembangan inteligensi pada anak tetapi juga lingkungan ( pola asuh ). Misalnya saja seorang anak yang diasuh dengan menggunakan pola asuh otortiter pasti perkembangan kognitifnya kurang optimal karena setiap dia ingin mengajukan pendapat selalu ditentang, berbeda dengan anak yang diasuh dengan pola asuh demokrasi pasti perkembangan kognitifnya berkembang karena dia bebas untuk mengemukakan pemikiran dan pendapatnya. Untuk mengembangkan inteligensi anak pada anak, setiap anak tidak harus mengikuti pelatihan-pelatihan khusus untuk mengembangkan inteligensinya. Tergantung kemauan si anak dan orang tua, karena tanpa mengikuti pelatihan-pelatihan pun inteligensi pada anak dapat dikembangkan tetapi apabila mengikuti pelatihan-pelatihan itu jauh lebih baik. Pada hasil survey saya, sebagian orang memilih bahwa inteligensi yang tinggi belum tentu mempengaruhi keberhasilan seseorang di masa depan dan sebagian lagi setuju bahwa inteligensi mempengaruhi keberhasilan seseorang. Jadi, disini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seseorang itu ditentukan oleh dirinya sendiri bukan inteligensinya, tetapi apabila seseorang itu memiliki inteligensi yang tinggi dan kemauan yang keras pasti lebih sempurna keberhasilannya. Hasil survey selanjutnya, sebagian orang memilih setuju bahwa tinggi rendahnya inteligensi mempengaruhi pembentukan tingkah laku seseorang.  Tidak adanya perbedaan etnis dalam inteligensi. Jadi tinggi rendahnya inteligensi bukan dipengaruhi oleh etnis seseorang tetapi dipengaruhi oleh warisan biologis dia dan lingkungan dia. Pada survey saya, orang cenderung memilih setuju bahwa tinggi rendahnya inteligensi mempengaruhi percaya diri. Orang yang memiliki inteligensi diatas rata-rata pasti lebih percaya diri ketimbang orang yang memiliki inteligensi dibawah rata-rata. Selain faktor warisan biologis dan lingkungan ternyata nutrisi juga berperan penting dalam perkembangan inteligensi pada anak. Karena semakin cukup nutrisi yang diperlukannya maka inteligensi seseorang tersebut akan semakin meningkat. Tetapi semua itu faktor lingkungan dan warisan biologis yang paling berperan aktif.

TESTIMONI

Menurut saya, dengan adanya kwiksurvey ini saya bisa berlatih untuk membuat penelitian, saya bisa merasakan bagaimana kakak-kakak senior memohon untuk surveynya diisi pokonya banyak yang saya dapatkan dari pembuatan kwiksurvey ini. selain itu, dengan kwiksurvey semua menjadi lebih praktis, hemat biaya walaupun yang pada awalnya saya merasakan kesulitan untuk membuatnya tetapi karena tugas psikologi pendidikan ini lah saya menjadi tahu ternyata survey secara online dan saya menjadi tahu bagaimana cara menggunakannya. Mungkin cuma ini saja testimoni saya.

TERIMA KASIH ^^

Hormat saya,

SITI RIZKI KARTIKA
111301032



Tidak ada komentar:

Posting Komentar